ppid@unm.ac.id 0411-868794

Gubernur Percayakan UNM Jadi Garda Terdepan Perbaiki Pendidikan di Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, M. Agr resmi melantik Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof. Dr. Muhammad Jufri, M. Si, M. Psi Psikolog di Rujab Gubernur Sulawesi Selatan, Jl. Sungai Tangka, Makassar (18/8/2020).

Pelantikan tersebut turut dihadiri Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. H. Husain Syam, M. TP, para wakil rektor diantaranya WR 1, Prof Asnawi Haris, WR 2, Dr Karta Jayadi, WR 3, Dr Sukardi Weda, dan WR 4, Dr M. Ichsan Ali, para Dekan, Direktur PPS UNM, Ketua dan Sekretaris Lembaga, dan para WD 1 se-UNM, staf kantor Gubernur Sulawesi Selatan, serta sejumlah tamu undangan.

Kegiatan pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul dengan Pembacaan SK Gubernur Sulawesi Selatan, Penandatanganan Sumpah Jabatan, Pelantikan Kadis oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Pembacaan dan Penandatanganan Pakta Integritas oleh Prof. Jufri.

Prof. Nurdin Abdullah mengatakan bahwa pelantikan ini adalah pelantikan yang spesial karena tidak dicampuri dengan pejabat yang lain. Ia menambahkan bahwa kita di Sulawesi Selatan dikenal dengan daerah krisis, seperti krisis ekonomi, saat krisispun kita bangkit, nah bagaimana kalau pendidikan kita dapat melahirkan SDM yang berkualitas yang ditunjang dengan alam yang luas, ujarnya.

Prof. Nurdin Abdullah juga menaruh harapan kepada UNM sebagai garda terdepan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Sulawesi Selatan. Pendidikan harus diserahkan kepada ahlinya, Prof. Jufri selaku Kadis Pendidikan Sulawesi Selatan yang baru harus memiliki strong leader, sedikit radikal, dan sektor pendidikan, saya tertarik ke Prof Muhammad Jufri karena seorang Psikolog, dan ia akan menyentuh para kepala sekolah dan guru dengan hati, pungkas Prof Nurdin Abdullah.

Prof Nurdin Abdullah juga berharap kepada Muhammad Jufri selaku Kadis Pendidikan Sulawesi Selatan yang baru untuk mengubah mindset di Dinas Pendidikan, setiap tahun ada saja masalah pada setiap penerimaan siswa baru, apalagi Muhammad Jufri banyak pendukungnya yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan, harapnya.

Prof Nurdin Abdullah juga sangat berharap semoga ada inovasi yang lahir dari Prof. Jufri dalam praksis pendidikan di Sulawesi Selatan yang masih carut marut. Gubernur mencontohkan, tidak ada lagi ASN yang mengurus pangkat, tetapi berjalan secara otomatis, 2 tahun terakhir IPM Sulawesi Selatan juga meningkat, inilah salah satu kinerja ekselen kita, ujar Prof Nurdin Abdullah. Prof Nurdin Abdullah menutup sambutannya dengan mengatakan UNM harus membenahi dan mendorong terwujudnya pendidikan kita yang berkualitas di Sulawesi Selatan.

Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, M TP mengatakan “UNM siap secara total untuk mengakselerasi pendidikan di Sulawesi Selatan sebagai bentuk keseriusan kita untuk membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan di Sulsel,” Katanya.

Prof. Husain menambahkan bahwa salah satu indikator keberhasilan praktik pendidikan di Sulawesi Selatan adalah semakin baiknya layanan pendidikan.

Prof Muhammad Jufri tidak sendiri, kita akan menjadi bagian dari akselerasi mutu layanan pendidikan di Sulawesi Selatan, tegas Prof Dr Husan Syam M TP yang juga mantan Dekan Fakultas Teknik UNM dua periode.

Leave a Reply